Selasa, 11 Oktober 2011

FASILITAS-FASILITAS DALAM INTERNET

1. World Wide Web (WWW)
World Wide Web adalah fasilitas di Internet yang relatif paling baru di bandingkankan dengan fasilitas yang lainnya. Saat ini World Wide Web atau WWW merupakan falitas yang paling popular karena menawarkan berbagai kecanggihan dan kemudahan (Wahana Komputer, 1997:16). World Wide Web adalah sebuah database jalinan komputer di seluruh dunia yang menggunakan sebuah arsitektur pengambilan informasi yang umum (Vaughan dkk, 1999:7).Untuk mengakses sebuah web, harus menggunakan program browser seperti internet exploler dan opera.


2. Mesin Pencari / Search Engine
Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya.
3. E - Mail (Electronic Mail)
E-mail adalah surat elektronik, dimana proses pengiriman dan penerimaan  surat dilakukan secara elektronik. Pesan yang dikirimkan melalui e-mail akan sampai ke alamat tujuan, hanya dalam beberapa menit saja, meskipun jaraknya jauh. Sebuah pesan e-mail dapat dikirim ke beberapa alamat tujuan, dalam waktu yang bersamaan.


4. Mailing List
Mailing list adalah fasilitas forum diskusi menggunakan e-mail. Sebuah milis didirikan atas dasar kesamaan minat atau kepentingan dan biasanya dimanfaatkan untuk keperluan diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya. Saat ini, salah satu server milis yang cukup banyak digunakan adalah Yahoogroups (www.yahoogroups.com).


5. Forum Diskusi
forum diskusi adalah grup diskusi di Internet di mana sarananya ialah web.
6. Blog
Blog merupakan situs web yang dikelola perseorangan, biasanya berisi catatan pribadi, liputan kegiatan, dan materi lainnya yang bersifat pribadi.
7. Multimedia Streaming
Multimedia Streaming merupakan suatu teknologi yang mampu mengirimkan file audio dan video digital secara real time pada jaringan komputer. Layanan Multimedia Streaming ini dibagi menjadi beberapa protocol, diantaranya adalah:
*RSVP – Resource Reservation Protocol : digunakan untuk mereserve bandwith sehingga data dapa tiba ditujuan dengan cepat dan tepat. 
*SMRP – Simple Multicast Routing Protocol : Protocol yang mendukung ‘conferencing’ dengan mengganda-kan (multiplying) data pada sekelompok user penerima 
*RTSP – Real-Time Streaming Protocol (RFC 2326) : digunakan oleh program streaming multimedia untuk mengatur pengiriman data secara real-time, tidak bergantung pada protokol Transport. Metode yang ada: PLAY, SETUP, RECORD, PAUSE dan TEARDOWN. Digunakan pada Video on Demand 
*RTP – Real Time Transport Protocol (RFC 1889) : suatu standard untuk mengirimkan data multimedia secara real-time, bergantung pada protokol Transport. Selain itu, protocol ini juga berjalan diatas UDP tapi bisa juga diatas protokol lain.
*RTCP – Real-Time Control Protocol : Protocol QoS (Quality of Service) untuk menjamin kualitas streaming. Protocol ini juga merupakan bagian pengkontrolan paket data pada RTP 
8. Toko Online
Toko Online merupakan sarana atau toko untuk menawarkan barang dan jasa lewat internet, dimana pengunjung dapat melihat barang-barang anda di toko online anda. Berupa foto-foto.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar